Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Subscriber & Penonton di Youtuber Dengan Mudah Dalam Waktu Singkat


Bagi youtuber pemula, subscriber dan viewers adalah hal yang paling penting untuk berkembang di dunia youtube. Lantas jika tidak mempunyai vievers atau subscriber, siapa yang akan menonton video kalian ?

Untuk youutber pemula pasti bingung bagaimana cara memulai youtube dengan cara agar penonton mau menonton videonya. Memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau kalau awal awal memulai youtube belum ada penonton. Dan tak jarang pula video yang kalian unggah penontonnya pun hanya kalian sendiri yaitu dengan cara memutar mutar ulang videonya.

Pengalaman ini sudah saya rasakan ketika pertama ngeyoutube. Terkadang saya hampir putus asa ketika saya meminta orang untuk menonton dan men-subscribe channel saya dan hasilnya pun tetap sama  saja.

Itupun hanya sekilas menonton beberapa detik dan meninggalkan komentar di video tersebut " Mantap Videonya Gan, Sangat Bermanfaat. Jangan Lupa Subsback ya ". Padahal videonya berdurasi 5 menit tapi nontonnya hanya 7 detik !.

Hal itu pasti kalian sering rasakan jika meminta subscribe dari orang. Lantas, bagaimana bisa maju untuk menjadi youtber sukses jika seperti itu terus ? Tapi tenang saja, kali ini admin akan berbagi tips dan trik bagaimana cara menaikan traffict subscriber dan viewers dalam sekejap.

Saya tidak memberi asal asalan tutorial, tapi ini yang pernah saya rasakan sendiri dan membuahkan hasil. Bagaimana caranya ? Simak sebagai berikut:

Cara Mendapatkan Banyak Viewers Dan Subscriber Dalam Waktu Singkat

1. Konten Unik & Menarik

Bagi penonton youtube, mereka hanya ingin menonton video dengan konten yang unik dan bermanfaat. Misalkan kalian membuat video tutorial, sebelum membuat video kalian harus menentukan video apa yang cocok untuk kalian upload. Caranya sangatlah mudah kalian bisa search saja di youtube tentang tutorial.

Misalkan kalian menemukan video tutorial orang lain yang viewersnya cukup banyak bisa mencapai ratusan ribu atau hingga jutaan. Maka kalian buatlah tutorial seperti itu. Kalian cukup mengubah sedikit tehnik edit video dan langkahnya saja. Jika demikian, video kalian akan di banjiri penonton dan subscriber dalam waktu singkat.

2. Judul Video

Buatlah judul video yaang membuat penonton penasaran. Misalkan video kalian berisi tentang tutorial WhatsApp, kalian bisa menentukan judul seperti "Kalian mungkin belum tahu, inilah fitur tersembunyi di whatsapp". Nah dengan judul ini orang pasti merasa penasaran dengan video kalian.

Tapi, saya saran jangan sekali kali membuat judul yang berbeda dengan video atau mengandum Clickbait maka penonton tidak segan segan akan disslike video kalian dengan meninggalkan komentar pedas.

3. Kualitas Video

Tidak hanya konten menarik. Penonton juga ingin kualitas video yang bagus dalam arti video kalian mudah dipahami. Jikalu video kalian berantakan atau amburadul, maka penonton tidak ingin subscribe ke channel kalian. Maka saran saya berlatihlah untuk mengedit video dan cara berbicara depan umum yang baik. Jika penonton merasa nyaman dengan cara kalian berbicara. Insha Allah mereka akan menyukai video kalian dan tak segan segan untuk menekan tombol subscribe di channel kalian.

4. Thumbnail Unik

Nah, cara ini adalah hal yang paling ampuh untuk mendatangkan penonton. Karena dengan thumbnail kalian yang unik dan keren penonton akan penasaran dengan video kalian. Cara ini cukup sama dengan cara yang ke 2 diatas. Kalian bisa belajar saja membuat thumbnail yang unik. Tapi perlu kalian ingat, jangan sekali kali membuat thumbnail yang  keluar dari topik video atau mangandum clickbait. Seperti yang saya katakan tadi nomor 2, penonton tidak segan segan akan disslike video kalian dengan meninggalkan komentar pedas.


5. Singkat Padat & Jelas

Bagi penonton youtube, mereka tidak ingin menguras kuota yang banyak karena hanya ingin menonton video dengan durasi panjang tapi kurang tanggap dengan isi video. Saya saran buatlah video berdurasi kurang lebih 5-6 menit dan berikan penjelasan yang tepat dengan videonya. Jangan berbicara yang mengarah ke luar topik. Intinya jelaskan dengan singkat, dan mudah dimengerti.

5. Menyapa Penonton Dengan Sopan.

Untuk pembukaan video atau penutupan video, sapalah penonton dengan ucapan salam dan sedikit berbasa basi. Nih saya kasih contoh :  "Ass, hai teman-teman youtube, gimana kabar kalian hari ini ? semoga kalian dalam keadaan sehat selalu". Kurang lebih caranya seperti itu untuk menyapa penonton. Kalian bisa kreasikan dengan kata kata sendiri juga asalkan dengan nada sopan.

6. Minta Penonton Untuk Subscribe ke Channel Kalian

Cara ini wajib dilakukan oleh semua youtuber. Ya, cara ini cukup kalian lantunkan ketika pembukaan video dan penutupan video. Contohnya : "Sebelum kita mulai tutorialnya alangkah baiknya teman teman menekan tombol subscribe agar teman teman tidak ketinggalan video bermanfaat lainya di waktu mendatang". Kurang lebih seperti itu kalian bisa kreasikan sendiri saja kata katanya asalkan sopan dan enak di dengar.

7. Ucapkan Terima Kasih

Hal ini wajib kalian ucapkan kepada penonton atau orang yang sudah subscribe ke channel kalian. Contohnya : "Terima kasih buat teman teman yang sudah menonton dan subscribe channel ini karena support dari kalianlah yang menambah semangat saya untuk terus mengupdate video". Penonton yang mendengar bagi yang sudah subscribe atau belum subscribe akan merasa lebih nyaman.

8. Membalas Komentar

Jika kalian mengabaikan komentar dari penonton, kemngkinan penonton akan merasa kalian itu sombong. Saran saya balaslah komentar penonton dengan sopan, jika ada yang bertanya jawablah pertanyaan tersbeut. Dengan jawaban dari kalian penonton mungkin mudah mengerti dengan video yang mungkin membuat mereka kurang tanggap.

Insha Allah jika kalian melakukan cara diatas, saya menjamin channel kalian akan selalu ramai pengunjung. Karena saya sudah melakukan semua dengan cara diatas dan hasilnya lahamdulillah bisa seperti sekarang.

Tambahan Penting : Balaslah setiap komentar yang ada karena semakin banyak komentar semakin mudah video muncul di beranda youtube. Maka dari itu semakin besar peluang kalian untuk mendapatkan penonton yang banyak.